Notification

×

Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar

Dari OSN IPS hingga Banting Stir OSN Astronomi

Selasa, 27 Oktober 2020 | 21.10.00 WIB Last Updated 2020-12-09T17:20:52Z


Shalom perkenalkan nama aku Sahmoen Gunawan Bancin, aku adalah alumni Sekolah Kristen Makedonia (SKM) angkatan 2011 untuk SMP dan 2014 untuk SMA. Aku berasal dari Kabupaten Sanggau tepatnya di Parindu, desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kalimantan Barat.

Aku berdarah campuran antara Batak Pak-pak dan Dayak Ribun. Sebagai anak sulung dari 3 bersaudara, aku menjadi panutan kedua adik laki- laki ku untuk menempuh pendidikan juga di SKM. Saat ini aku masih menempuh pendidikan S1 di Universitas Telkom Bandung.

Bermula dari tahun 2008 hingga selesai di tahun 2014, menjadikan SKM sudah seperti rumah kedua bagiku di Kalimanan Barat ini. Pengalaman baik suka maupun duka sudah aku lalui di tempat ini.

Merasakan tinggal bersama di asrama menjadi pengalaman baru saat itu. Dengan intensitas bertemu yang tinggi baik di asrama dan di sekolah bersama teman-teman, menjadikan ikatan kami sudah seperti keluarga, apalagi jika bersama-sama melanjutkan ke jenjang SMA.

Ketika bersekolah di SKM, aku mengikuti berbagai macam kegiatan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Ikut OSN bidang IPS saat SMP dan kemudian banting stir OSN Astronomi saat SMA. Mengikuti lomba PERJUSAMI, terpilih sebagai PASKIBRAKA Kabupaten menambah pengalaman-pengalaman ku dalam mengembangkan diri di SKM.


Aktifitas keagamaan disana juga membantu ku untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. Mulai dari bangun tidur jam 05:00 pagi kita sudah dilatih untuk bersaat teduh dan renungan bersama untuk memulai hari dan mengakhirinya juga dengan cara yang sama.

Bahkan saat akan memulai pelajaran pertama di kelas, kita mengadakan renungan bersama dengan teman sekelas dan wali kelas. Makan bersama dengan menu makanan yang sama tidak membuat kami bosan melakukan aktivitas bersama. Hari Rabu dan Jumat siang adalah menu yang ditunggu karena ada daging ayam dan ikan lele. Bahkan ketika menjelang hari besar seperti HUT SKM dan MMT, menu makanan semakin enak.


Sampai akhir aku merasa bersyukur pernah menjadi bagian dari SKM (Yayasan MIKA), dengan ikatan kekeluargaan yang erat antar siswa bahkan siswa-guru, dan ketika bertemu lagi diluar SKM sudah seperti bertemu dengan keluarga kami sendiri.

Bahkan dengan adanya Ikatan Alumni (KALUMI) membuat kami tetap saling berhubungan antar sesama alumni dan bisa terus tau informasi terbaru tentang SKM, walaupun ditempat perantauan (Bandung) saya tidak banyak alumni, tetapi kami bisa terus terhubung dengan teman-teman dari daerah lain.

Untuk adik-adik yang masih menempuh pendidikan di SKM, teruslah mengembangkan diri untuk modal ketika sudah berada diluar SKM nantinya. Tetap terhubung dengan teman-teman, guru dan juga kakak-kakak alumni, dan jangan malas untuk mengakses informasi dunia diluar SKM untuk menambah wawasan kita karena biasanya anak-anak SKM kurang update dengan informasi dunia luar, karena tidak boleh menggunakan gadget selama tinggal di asrama.

Terima kasih sudah membaca sedikit pegalaman dan kesan ku saat di SKM, semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan, tetap jaga kesehatan dan teruslah berpengharapan. Tuhan Yesus memberkati kita semua, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update